DSLR Profesional FX Format Terbaru Nikon D4




Mengintip DSLR Profesional FX Format Terbaru Nikon D4

Tokyo, Jepang - Nikon akhirnya resmi merilis DSLR profesional terbarunya, Nikon D4. Kamera yang disebut-sebut sebagai saingan Canon EOS 1DX ini merupakan kamera full frame dengan FX-format CMOS sensor 16.2 MP. Selain membawa beberapa perbaikan ergonomis dan fitur-fitur tinggi, kamera ini juga digambarkan sebagai ‘multi-media DSLR’ dengan perluasan kemampuannya dalam merekam video.
Bo Kajiwara direktur marketing Nikon Inc mengatakan, “Kecepatan tanpa akurasi tidaklah relevan”, sehingga Nikon D4 ini menjanjikan kecepatan dengan keakuratan sebagai salah satu kelebihannya. Kecepatan yang dimaksud adalah mode burst nya yang mampu menembak 10 frame per detik dengan auto fokus penuh secara terus menerus, serta pemakaian prosesor Expeed 3 dan rentang ISO antara 100-12.800 dan dapat dimaksimalkan hingga 204.000 yang otomatis dapat menyesuaikan panjang fokal.
Selain itu “Di samping performa secara kesuluruhan dan kecepatan burst, D4 juga menawarkan AF system paling tangguh” imbuh Kajiwara, dimana Nikon menambahkan 51-point AF system, yang akan membantu fotografer menentukan fokus dengan sangat mudah dalam situasi low light. Sistem auto fokus Nikon D4 ini bahkan diklaim lebih baik dari Nikon D3 dan D3s.
Untuk fitur video D4 menawarkan perekaman dengan format HD 1080p dengan 30fps dan 720p di 60fps. Menghadirkan keleluasaan lebih, kontrol manual dapat dilakukan pada saat shooting, dimana pengguna dapat dengan mudah mengatur aperture (bukaan) ketika beraksi. Noise reduction dan headphone jack juga sudah melengkapi fitur video ini.
Dari segi body fisik Nikon D4 ini dibalut dengan magnesium-alloy. 2 slot kartu memori untuk CompactFlash dan XQD, dan LCDnya disajikan dengan ukuran 3.2 inch yang dilengkapi 91.000 piksel RGB metering.
Dikutip KabarIT dari pernyataan resmi Nikon, Jumat (6/1/2012) kamera yang berbobot 2.29 pound ini akan mulai dipasarkan bulan depan dan dibandrol dengan harga USD 6.000 atau sekitar Rp 54 juta rupiah.

Komentar