Libur Lebaran, BRI dan BCA Tetap Layani Masyarakat

Jakarta - Menghadapi libur lebaran 2012, perbankan umumnya masih memberikan layanan kepada para nasabahnya. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyatakan untuk tetap beroperasi sekaligus memberikan layanan mudik bagi nasabahnya.

"Pelayanan Bank BRI tetap optimal, kendati libur panjang," ujar Sekretaris Perusahaan BRI, Muhammad Ali dalam siaran persnya, Senin (13/8/2012).

Ali pun membeberkan ada delapan jenis layanan perbankan yang tetap beroperasi yakni pertama layanan Pertamina.

"Pada tanggal 18, 20, dan 22 Agustus 2012, di 219 UKO (Unit Kerja Operasional) BRI Selindo (seluruh Indonesia), dengan jenis layanan penerimaan pembayaran pembelian BBM dan non BBM dari SPBU/ pihak tenant Pertamina, serta layanan operasional terbatas," papar Ali.

Kedua, layanan ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Pulau), pada tanggal 18 hingga 22 Agustus 2012, di 17 UKO BRI seluruh Indonesia, dengan jenis layanan cash pick up dan penyediaan uang receh.

"Ketiga, layanan weekend banking BRI, pada tanggal 18 Agustus 2012, di 91 UKO BRI di seluruh Tanah Air," tambah Ali.

Selanjutnya yang keempat, BRI juga tetap memberikan layanan SSB Polri, pada tanggal 18, 21, dan 22 Agustus 2012, di lebih dari 400 kantor kas dan payment point, dengan jenis transaksi yang dilayani adalah Penerimaan pembayaran biaya SIM, STNK, dan BPKB.

"Kelima, tidak ketinggalan, kami tetap melayani layanan Imigrasi, dari tanggal 17 hingga 22 Agustus 2012, di 38 UKO BRI yang terdapat di 44 lokasi bandara & pelabuhan, jenis transaksi yang kami layani adalah penerimaan pembayaran VOA (Visa On Arrival). Dan yang tidak kalah pentingnya, keenam ini, yaitu layanan khusus PT. Angkasa Pura I dan II, di 19 UKO BRI di Selindo, dengan jenis layanan yang akan dilakukan adalah layanan cash pick up," paparnya.

Ketujuh BRI membuka layanan di Posko layanan Lebaran, baik dengan E-Buzz maupun di UKO BRI, pada tanggal 12 hingga 18 Agustus 2012, di 29 titik lokasi, dengan Jam layanan selama 24 jam.

"Jenis transaksi yang kami layani adalah semua transaksi yang menggunakan ATM dan EDC, nasabah juga dapat menukarkan uang receh, serta customer loyalty program lainnya, berupa penyediaan minuman ringan, snack, dan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)," pungkas Ali.

Terakhir, BRI juga akan membuka layanan operasional terbatas, pada tanggal 18, dan 22 Agustus 2012, di 237 UKO BRI dengan jam operasional antara pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

"Dengan jenis transaksi yang dilayani adalah setoran dan penarikan rekening simpanan, pembukaan rekening simpanan, serta penerimaan dan penanganan pengaduan nasabah," sambung Ali.

Sementara itu, PT Bank Central Asia Tbk menyatakan juga tetap beroperasi. Namun khusus untuk layanan weekend banking ditiadakan.

"Menjelang hari lebaran, BCA meniadakan weekend banking pada tanggal; 18-19 Agustus 2012. Untuk melayani kebutuhan transaksi perbankan masyarakat selama liburan lebaran, maka BCA akan buka dengan layanan operasional terbatas pada tanggal 22 Agustus 2012 dengan asumsi libur lebaran adalah tanggal 19-20 Agustus 2012 sesuai kalender," jelas Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaadmadja.

"Layanan yang akan diberikan BCA melalui 114 kantor cabang BCA yang tersebar di Indonesia dengan waktu layanan pukul 8.00 - 13.00," tutup Jahja.



(dru/dnl) Herdaru Purnomo - detikfinance

Komentar